kewajiban sholat lima waktu dan keutamaannya


I. DASAR KEWAJIBAN MELAKSANAKAN SHOLAT LIMA WAKTU


1. Firman Allah SWT dalam surat An-Nissa ayat 103
Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu (kewajiban) yang telah ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
2. Hadist Rasululloh SAW
Lima (waktu) sholat,yang telah diwajibkan oleh Allah atas hamba-hamba-Nya.Maka barang siapa yang mengerjakannya dan tidak menyia-nyiakannya sedikitpun darinya karena menganggap enteng hak-haknya sholat lima waktu maka baginya disisi Allah adalah janji,
(yaitu) bahwasanya Allah akan memasukan ia kedalam syurga.Dan barang siapa yang tidak melaksanakannya maka tiadalah janji baginya disisi Allah.kalau Allah menghendaki maka Allah akan menyiksanya,dan kalau Allah menghendaki maka Allah akan memasukannya kedalam syurga.(HR.Abu Daud,Nasa'i,Ibnu Majah dan Ibnu Hiban dari 'Ubadah bin Shomit) 

II.KEUTAMAAN SHOLAT LIMA WAKTU 
Dalam kitab Irsyadul 'Ibad diutarakan sebuah hadis yang diambil dari kitab Zawazir yang menjelaskan tentang keutamaan sholat lima waktu,yaitu :
Barang siapa yang menjaga/memelihara sholat (lima waktu) maka Allah akan memuliakannya dengan lima perkara,yaitu: 1.) Allah akan menghilangkan dari dirinya kesulitan hidupnya. 2.) Allah akan angkat dari dirinya siksa kuburnya. 3.) Allah akan berikan buku catatan amalnya dari arah kanannya. 4.) Dia akan melewati jembatan (shirot) seperti kilat. 5.) Dan dia akan masuk kedalam surga tanpa hisab. Dan barang siapa yang menganggap gampang/remeh sholat (lima waktu) maka Allah akan menyiksanya dengan lima belas macam siksaan.enam macam siksaan didunia,tiga macam ketika menghadapi kematian,tiga macam ketika berada di kuburnya,dan tiga macam ketika dibangkitkan keluar dari kuburnya.Maka adapun enam macam siksaan ketika didunia yaitu adalah: 1.) Dihilangkan keberkahan dari umurnya. 2.) Dihapusnya tanda orang-orang yang saleh dari wajahnya. 3.) Setiap amal (kebaikan) yang dilakukannya tidak akan dibalas oleh Allah SWT. 4.) Do'anya tidak akan diangkat kelangit. 5.)Tidak akan mendapatkan bagian dari do'anya orang-orang yang sholeh. 6.) Dibenci oleh manusia. Dan adapun tiga macam siksaan yang akan menimpanya ketika menghadapi kematian yaitu adalah : 1.) dia akan mati dalam keadaan hina. 2.) dia akan mati dalam keadaan lapar. 3.) dia akan mati dalam keadaan kehausan,seandainya diminumkan kepadanya seluruh air lautan yang ada di dunia maka dia tidak akan merasa cukup untuk menghilangkan rasa hausnya.Dana adapun tiga macam siksaan yang akan menimpanya ketika dia berada didalam kuburnya yaitu adalah : 1.) akan disempitkan kuburnya sehingga tulang-tulang rusuknya menjadi saling berselisihan. 2.) akan dinyalakan api didalam kuburnya sehingga dia akan bergulingan diatas bara api baik siang maupun malam. 3.) akan dikuasakan kepadanya didalam kuburnya seekor ular besar bernama "syuja'ul aqro" yang kedua matanya terbuat dari api, dan kuku-kukunya terbuat dari besi...maka dia akan mendapatkan siksa tersebut sampai hari kiamat.Dan adapun tiga macam siksaan yang akan menimpanya ketika dibangkitkan dan keluar dari kuburnya dan ketika berada ditempat berdiri (mauqip) pada hari kiamat yaitu adalah : 1.) mengalami hisab yang berat. 2.) mendapatkan murka Allah SWT.3.) Dan dimasukkan kedalam neraka.

III.PERINGATAN ALLAH TENTANG SHOLAT 

Dalam surat Al-Munafiqun ayat 9,Allah SWT telah berfirman:
hai orang-orang yang beriman,janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah (melaksanakan sholat lima waktu).Barang siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.

"Wallahu A'lamu Bisshawab"

ditulis oleh: Ustd.Ahmad Hasanuddin

2 Responses to "kewajiban sholat lima waktu dan keutamaannya"

  1. Bismillahirrahmanirrahim. Berikut ini satu kitab kecil 28 halaman yang bagus sekali isinya yaitu membahas secara global bagaimanakah syarat, rukun, dan kewajiban shalat menurut al-Qur’an dan as-Sunnah Rasulullah yang shahih. Kitab ini ditulis oleh Imam Muhammad at-Tamimi yang bermadzhab Hanbali tetapi diusahakan oleh beliau untuk mengikuti bagaimana shalatnya Rasulullah. Saya merekomendasikan kitab ini untuk dibaca semua muslim tua maupnu muda yang ingin tahu lebih dalam mengenai shalat yang setiap hari dilakukan.

    http://bacasalaf.wordpress.com/2012/08/09/unduh-kitab-syarat-rukun-dan-kewajiban-shalat/

    BalasHapus